Wii Pointer #1 Tilt

Kamis, 04 September 2014

SEDIKIT TIPS MENURUNKAN BERAT BADAN

Buat teman-teman kali ini aku ingin berbagi tips buat nurunkan berat badan, sebenarnya barat badan aku pun masih labil naik turun tidak menentu, namun setidaknya sudah lumayan dibandingkan sebelumnya. Semoga bermanfaat :)
Banyak sekali tawaran diet yang menjanjikan dengan berbagai cara yang ditawarkan, dari diet karbohidrat hingga OCD yang populer akhir-akhir ini. Pernahkan kalian mendengar " Makanlah sesudah lapar, berhentilah sebelum kenyang ", itulah kalimat yang aku terapkan. Karena dengan cara makan seperti itu asupan makan yang masuk ke tubuh kita cukup untuk membuat energi yang digunakan beraktifitas sampai jam waktu makan selanjutnya. Jika kita makan terlalu berlebihan maka banyak yang tertimbun menjadi lemak karena tidak semua terbakar menjadi energi. Kitapun harus tau aktifitas apa yang akan kita jalani, jika kita hanya seorang kutu buku maka berbeda dengan porsi makan seorang kuli bangunan.
Sarapan tidak selalu harus makan dengan menu bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, dan jenis makanan yang berat seperti itu. Sadarkah kalian bahwa dari saat kita makan malam sampai kita bangun tidur usus kita tidak lagi diisi oleh makanan dan tentunya usus kita kosong dengan kerja yang ringan. Jika pada saat kita bangun pagi dan memakan sarapan dengan makanan berat seperti yang sudah dicontohkan maka usus kita akan kaget untuk dipaksa bekerja keras dari semula yang kosong dengan kerja ringan. Ini akan menimbulkan kita lemas dan mengantuk di siang hari karena usus yang kelelahan. Untuk itu, saat kita bangun pagi hari dianjurkan untuk minum air putih yang banyak guna membersihkan lambung. Disamping itu, ternyata minum pada saat itu bisa berguna untuk antibiotik dan menghilangkan bau badan kita. Makanlah sarapan kalian cukup dengan segelas teh (tidah terlalu manis, bahkan rasa manis itu tidak terlalu terasa) dengan ditemani kue, jajanan pasar, atau semacamnya dengan makanan ringan.
Waktu makan siang adalah waktu yang ditunggu saat kita di sekolah, di kantor, dan di tempat kerja lainnya. Pada saat siang hari kita boleh makan nerat karena disaat ini lah kita butuh banyak asupan energi untuk beraktifitas. Akan tetapi kita tetap mengingat apa aturan makan kita seperti yang sudah di sebut di pembuka artikel ini.
Makan malam dianjurkan antara jam 17.00 - 19.00. Mengapa demikian ? Karen pada malam hari kita tidak beraktifitas berat melainkan waktu untuk beristirahat santai di rumah setelah beraktifitas seharian. Lebih baik lagi bahwa saat menyantap makan malam dengan menu sayuran dan buah. Pada saat malam hari kita tidak butuh banyak kalori, jika tidak demikian kita akan menimbun banyak lemak. Jarak kita pergi tidur malam dari waktu makan adalah minimal dua jam agar makanan yang sudah kita makan diproses terlebih dahulu.
Tips lainnya adalah saat kita makan usahakan makan porsi bayi atau anak kecil. Banyaklah minum air putih, usahakan setiap minum adalah minum air putih biasa. Tidak dianjurkan minum air putih yang dingin bahkan mengandung es batu sekalipun karena akan membentuk lemak di perut. Makanlah dengan tenang ! Sebab jika kita makan terlalu terburu-buru maka itu menyebabkan perut kembung dan terlihat buncit. Bukannya makan dengan tenang sembari menikmati sensasi masakan itu adalah bentuk sukur kita ke Tuhan. Adapun tips buat perut buncit adalah makan buah alpukat tanpa tambahan apapun atau boleh juga di buat jus. Hindarilah sembelit atau susah buang air besar. Proses diet akan semakin lancar dan cepat jika kita menyertakan olahraga yang teratur. Di samping itu pula dengan olahraga membuat badan kita kencang tidak kendor akibat hilangnya lemak dari bawah kulit.
Tubuh ideal adalah impian semua orang, akan tetapi jangan sampai salah langkah demi memilikinya. Ketahuilah apa yang dibutuhkan oleh tubuh kalian, jangan sampai jatuh sakit karena diet ketat. Demikian sedikit yang bisa saya bagi, semoga aku bisa berbagi lebih pada kalian.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar